Ghozali Everyday, Pemuda Viral yang Raup Miliaran Rupiah dari Hasil Jual Foto Selfie

ENSIPEDIA.ID, Jember – Nama Ghozali Everyday baru-baru ini tengah menjadi perbincangan hangat di jagad media sosial. Hal tersebut terjadi karena ia berhasil menjual foto selfie berformat NFT dengan penghasilan miliaran rupiah.

Total, Ghozali menjajakan 933 foto kesehariannya dari usia 18 tahun hingga 22 tahun, atau tepatnya pada tahun 2017 hingga 2021. Ia menjajakan koleksi fotonya tersebut di OpenSea, sebuah platform yang menyediakan ruang bagi pembeli, penjual, serta kreator aset digital yang bertransaksi dengan menggunakan mata uang kripto Ethereum (ETH).

“Ini benar-benar gambar saya di depan komputer hari demi hari,” tulis Ghozali di bagian deskripsi koleksi NFT-nya di platform OpenSea.

Sebelumnya viral, harga NFT foto selfie Ghozali dihargai dengan 0,001 ETH atau sekitar 45 ribu rupiah. Namun, setelah namanya menjadi viral, banyak kolektor yang membeli fotonya dan membuat harganya menjadi melonjak.

Hingga saat ini (14/1/2022) harga terendah NFT foto selfie Ghozali Everyday di OpenSea senilai 0,229 ETH atau sekitar 10,6 juta rupiah lebih. Adapun harga tertinggi, memiliki nilai 66.346 ETH atau sekitar 3 triliun lebih. Saat ini tercatat 458 pemilik yang sudah mengoleksi NFT Ghozali.

Menurut pengakuannya seperti dilansir dari kompas, Ghozali mengenal NFT dari kampus serta internet.

“Kenal NFT dari kampus dan dari referensi internet. Awal saya meng-upload di NFT aslinya saya bayangin kayak NFT itu isinya 2D 3D atau gambar-gambar karya yang bagus. Tapi aku mikirnya kayak lucu juga kalau salah satu kolektor ada yang punya muka saya,” ujarnya.

Pemilik akun Ghozali Everyday ini juga mengaku awalnya hanya iseng saja serta kaget ketika NFT-nya laku keras dipasaran.

“Aku nyangkanya sih engga ada yang beli makanya harganya saya patok awal di 3 dollar. Emang sengaja biar enggak ada yang beli. Awal upload di akhir-akhir Desember cuma baru berani promosi empat hari yang lalu,” sambungnya.

Ghozali merupakan mahasiswa semester 7, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang. Ia berkuliah di fakultas Ilmu Komputer, prodi Animasi D-4.

NFT Ghozali di OpenSea mendapatkan perhatian dari salah seorang musisi dan kreator digital, Reza Arap. Arap mengaku menjadi salah seorang pembeli foto di akun Ghozali Everyday.

“Membeli salah satu foto Ghozali tadi malam seharga $1,3k,” tulisnya di akun Instagramnya, Kamis, 13 Januari 2022.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles