Gajinya Tak Dibayar Selama 2 Tahun, Eks Guru Honorer Bakar Sekolah di Garut

ENSIPEDIA.ID, Jember – Munir Alamsyah, salah seorang mantan guru honorer asal Garut kini diamankan polisi karena nekat membakar SMPN 1 Cikelet akibat gajinya selama mengajar tidak dibayarkan hingga saat ini.

Munir ditangkap pada Minggu (16/1/2022) atau dua hari setelah kejadian kebakaran di SMPN 1 Cikelet. Munir dapat teridentifikasi setelah pihak kepolisian melihat rekaman CCTV di dekat tempat kejadian.

“Pelaku ini mantan guru honorer di sekolah tersebut,” ujar Kasat Reskrim Polres Garut AKP Dede Sopandi, Selasa (25/1/2022).

Munir Alamsyah diketahui merupakan eks guru honorer di SMPN 1 Cikelet yang mengajar mata pelajaran fisika pada tahun 1996-1998. Menurut MA, alasannya membakar sekolah tersebut adalah karena gajinya tidak dibayar selama 2 tahun.

“Dimana pihak sekolah saat itu tidak memberikan upah sebesar Rp 6 juta,” kata Dede.

Meskipun kasus tersebut sudah berlangsung lama, dendam kesumat yang dimiliki MA kepada sekolah tersebut tak pernah padam, hingga akhirnya ia memutuskan untuk membakar sekolah tersebut.

Menurut keterangan Kasat Reskrim Polres Garut ,AKP Dede Sopandi, tersangka menuntut gajinya pada pertengahan 2020 yang tak dibayar selama dua tahun tersebut untuk kepentingan pernikahan, namun tidak ada realisasi dari sekolah.

Selama 20 tahun dendam kesumat tersebut dipendam, pada 14 Januari 2020 sekitar pukul 10.00 WIB, Munir Alamsyah membakar mantan sekolah tempat mengajarnya tersebut. Sang guru honorer pun sudah mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk membakar sekolah sehingga menyebabkan dua dari enam pintu sekolah rusak.

Kebakaran tersebut menghanguskan beberapa ruangan, seperti ruangan laboratorium dan perpustakaan beserta benda-benda yang ada di dalamnya. Kini, sang guru honorer terancam hukuman 12 tahun penjara.

“Atas perbuatannya, tersangka kami kenakan pasal 187 ayat 1 huruf e, dengan ancaman penjara 12 tahun,” ujar Dede, seperti dilansir dari Liputan6.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles