Bill Gates Sebut NFT dan Kripto sebagai Greater Fool Theory, Apa Maksudnya?

ENSIPEDIA.ID, Jember – Bill Gates dalam sebuah acara tentang perubahan iklim yang diselenggarakan oleh outlet media TechCrunch menyebutkan bahwa investasi kripto dan Non-Fungible Token (NFT) bergantung pada Greater Fool Theory.

“Aset-aset seperti itu 100 persen bergantung kepada semacam Greater Fool Theory bahwa ada orang yang akan membayar lebih mahal daripada yang saya lakukan,” kata Gates dalam forum yang diadakan Tech Crunch.

Tidak hanya itu, Bill Gates juga menyentil Bored Ape Yacht Club, NFT gambar kera yang memiliki harga tinggi.

“Jelas, gambar digital monyet yang mahal akan sangat membuat dunia lebih baik,” sindir Gates.

Bukan kripto atau NFT, Bill Gates mengungkapkan bahwa dia lebih menyukai berinvestasi dalam aset dengan hasil nyata, seperti pertanian, pabrik, atau perusahaan tempat mereka membuat produk.

Apa itu Greater Fool Theory

Greater Fool Theory adalah sebuah teori yang memungkinkan seseorang mendapatkan uang dari membeli aset dengan harga yang mahal dan berharap ada orang lain (yang lebih bodoh) yang akan membeli aset itu dengan harga yang lebih mahal.

Baca juga:.Ghozali Everyday, Pemuda Viral yang Raup Miliaran Rupiah dari Hasil Jual Foto Selfie

Akan tetapi, karena sifatnya yang spekulatif, maka barang tersebut dapat jatuh jauh daripada harga belinya karena sudah tidak ada orang (yang lebih bodoh) lagi yang mau membeli barang tersebut.

Seseorang yang melakukan investasi menurut teori ini tidak memikirkan kualitas dari aset yang dibelinya. Mereka hanya bergantung pada jumlah “orang yang lebih bodoh” yang akan membeli aset tersebut.

Apabila terjadi sebuah krisis, maka aset tersebut mengalami aksi jual besar-besaran yang menyebabkan penurunan yang cepat dalam nilai aset. Selama aksi jual besar-besaran tersebut terjadi, investor penganut “Greater Fool Theory” bisa kehilangan banyak uang jika ia menjadi orang terakhir yang memegang aset overvalued tersebut dan tidak dapat menemukan pembeli.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles