Diduga Mengalami Kebocoran Data, Ini Kata Badan Intelijen Negara

ENSIPEDIA.ID, Jember – Beberapa waktu ini muncul isu terkait bocornya data Badan Intelijen Negara (BIN) di media sosial. Informasi tersebut didapatkan dari akun Twitter @Vidyanbanizian, pada Minggu (21/8/2022).

“Sekarang BIN yang kena. yes, our intelligence unit lmao. isinya agen, data diri, proyek2 juga wowjwijwiwkwowwiwkowkwowkwok lets goooooooooooooooooo negara open source,” tulis akun tersebut.

Dalam unggahan tersebut, diketahui bahwa data yang bocor merupakan data dari Deputi Intelijen Luar Negeri tahun 2020 yang berisi nama, pangkat, unit, dan lokasi agen intelijen. Selain data dari Badan Intelijen Negara (BIN), data dari lingkungan kepolisian juga ikut bocor. Data tersebut berisi KTP, ijazah, kartu keluarga, akte kelahiran, dan pas foto.

Adapun menurut pihak Badan Intelijen Negara, data yang sedang viral di media sosial khususnya Twitter adalah berita yang tidak benar alias hoax.

“Data situs BIN sejauh ini aman-aman saja, tidak ada kebocoran,” ujar Wawan, pada Minggu (21/8/2022)

Menurut Wawan data yang sebenarnya dalam keadaan aman. Menurutnya, data yang bocor hanyalah berisi nama samaran, bukan nama yang sebenarnya.

“Data diri maupun agen semua bukan nama yang sesungguhnya. Sehingga berita kebocoran data BIN adalah hoax,” sambungnya.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles