Deretan Kasus Doni Salmanan hingga Terancam Dimiskinkan

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Salah satu Crazy Rich asal Bandung yaitu Doni Salmanan kini terjerat kasus-kasus yang membuat dirinya terancam dipenjara. Namanya mencuat ke dunia maya setelah dirinya menyumbang Rp1 Miliar ke YouTuber Reza Arap saat live stream game Ragnarok X tahun lalu. Sebelum menjadi Crazy Rich, Doni ternyata pernah merasakan peliknya kehidupan.

Jadi Juru Parkir 

Masa remaja Doni Salmanan terbilang jauh dari kata mewah dan bergelimang harta, justru sebaliknya hingga ia harus mencari uang jajan tambahan sendiri.

Menjadi juru parkir pernah ia tekuni untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Pengakuan itu ia sebutkan saat diundang menjadi bintang tamu di salah satu stasiun televisi swasta nasional. Ia mengaku kala itu akan mengambil apapun tawaran pekerjaan yang tersedia.

“Dulu saya juga sempat markirin sebelum jadi kayak gini. Apapun pekerjaannya gaspol,” ujarnya.

Tersandung Kasus Penipuan 

Aplikasi Trading Ilegal, Binomo | Wikimedia

Salah satu korban melaporkan Doni Salmanan ke Bareskrim Mabes Polri atas dugaan investasi bodong. Korban yang identitasnya dirahasiakan itu mengaku tertipu oleh Doni.

Rekannya, Indra Kusuma atau Indra Kenz juga tersangkut kasus serupa hingga menyeret Doni di lubang yang sama, yaitu dugaan investasi bodong aplikasi Binomo. Selain itu, ada tiga afiliator Binomo lain yang sudah terdapat pada daftar polisi dan berada dalam pantauan.

Naik Status Kasus Doni Salmanan

Ilustrasi Penjara | Pixabay

Dikutip dari detikjabar, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri melakukan gelar perkara terkait aplikasi Binomo dengan terlapor afiliator Doni Salmanan. Kasus tersebut dinaikkan ke tahap penyidikan oleh Bareskrim.

“Sudah dilakukan gelar perkara pada hari ini, Jumat, tanggal 4 Maret 2022, dan telah diputuskan terhadap perkara DS (Doni Salmanan) dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan,” ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko saat jumpa pers virtual, Jumat (4/3/2022).

Nasib Doni selanjutnya kini berada di tangan pihak kepolisian sembari menunggu hasil penyelidikan. Ia bisa kehilangan statusnya sebagai Crazy Rich dan terancam dimiskinkan.

“Makanya kita lihat semua (transaksinya). Pokoknya pencucian uang itu kita follow the money, uang dapat berapa? Ke mana saja? Ke pacarnya, ke keluarganya, sita-sita semua gitu. Makanya dimiskinkan,” ucap Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Brigjen Whisnu pada Selasa (1/3/2022).

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles