Cerita Menarik Perkemahan Jokowi di IKN Nusantara

ENSIPEDIA.ID – Presiden Joko Widodo melaksanakan perkemahan di lokasi yang akan dibangunnya Ibukota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (15/3/2022).

Saat melakukan kemah, Jokowi ditemani oleh beberapa jajaran menteri, antara lain Menteri PUPR Basuki Hadimulyono, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahaladia, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, serta Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Joko Widodo juga dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Gubernur Kalimantan Timur, serta Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibukota Negara yang baru saja dilantik lalu.

Turut pula Ibu Iriana Joko Widodo yang mendampingi Presiden Jokowi dalam tenda yang telah disiapkan di lokasi dekat titik nol pembangunan Ibukota Negara Nusantara.

Yang menarik dalam jaket tersebut adalah tampak Jokowi tampak menggunakan merah bercorak G20, sepatu hitam, serta mengemakan sarung kotak-kotak berwarna hijau.

Berbincang dengan Ketua MPR dan Para Menteri

Presiden Jokowi sedang berbincang bersama beberapa menteri dan Ketua MPR (Foto Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Menurut Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi tampak keluar dari tenda kemahnya pada pukul 22.15 WITA. Setelah itu, beliau mendatangi tenda Bambang Soesatyo untuk melakukan perbincangan hangat.

“Alhamdulillah udaranya sejuk kalau malam Bapak Presiden, cuaca juga cerah jadi terlihat bulan purnama dan bintangnya,” ujar Ketua MPR RI.

Kehadiran beberapa menteri untuk ikut bergabung, di antaranya Pak Bahlil, Pak Erick Tohir, dan Pak Pramono dengan pakaian santainya. Hadir pula Pak Basuki dengan masih menggunakan pakaian kerja.

“Sekitar pukul sepuluh, saya keluar dari tenda. Pak Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang tendanya tak jauh dari saya tampaknya juga sedang di luar. Penghuni tenda-tenda lainnya, para menteri pun nimbrung,” kata Jokowi dilansir dari akun Istagramnya @jokowi.

Presiden Jokowi melontarkan guyonan kepada Pak Basuki. Ia seputar pakaian Pak Basuki yang masih mengenakan pakaian kerja.

“Pak Basuki malam-malam masih bekerja,” ujar Jokowi. Guyonan tersebut akhirnya memecah tawa ringan dari beberapa menteri dan ketua MPR.

Menggulung Sarung yang Kendor

Presiden Jokowi terlihat bersantai di depan tenda kemah (Foto Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden)

Setelah melakukan perbincangan hangat kurang lebih selama 1 jam. Presiden Jokowi akhirnya kembali ke tendanya. Terlihat pula mantan Gubernur Jakarta tersebut menggulung sarungnya yang terasa kendor.

“Menjelang tengah malam, kami kembali ke tenda masing-masing untuk beristirahat,” ungkap mantan Walikota Solo tersebut.

Sesampainya di tenda, Presiden Jokowi tidak terburu-buru masuk ke dalam. Ia terlihat melihat terlebih dahulu pada sebuah kursi lipat. Daerah yang masih berbentuk hutan belantara itu terasa sangat indah dengan cuaca yang cerah.

“Udara sejuk dan cuaca cerah tadi malam. menjelang bulan purnama pun sampai dari sela pepohonan,” cerita Jokowi.

Setelah beberapa saat, ia akhirnya masuk ke dalam tenda untuk beristirahat.

Tenda dan Peralatan Sederhana, Disediakan Pula Mie Instan

Tenda yang digunakan oleh Jokowi adalah tenda bekas gempa Poso 2019. Peralatan yang tersedia juga cukup sederhana dan seadanya.

Menurut Kepala Sektetaria Presiden, Heru Budi Hartono, peralatan di tenda hanya terbatas tempat tidur berupa kasur dan bantal. Tenda tersebut juga tidak memiliki pendingin ruangan (AC).

Untuk makanan sendiri, Heru mengatakan bahwa hidangan yang disediakan juga sangat sederhana.

“Makannya biasa saja kue dan buah. Enggak ada makanan khusus. Paling Indomie,” jelas Heru.

Latest articles