Cegah Kemacetan Arus Balik, Libur Sekolah Diperpanjang Hingga 12 Mei

ENSIPEDIA.ID, Jember – Pemerintah dalam hal ini adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) resmi memperpanjang masa libur sekolah di wilayah Jabodetabek hingga 12 Mei.

Perpanjangan masa libur sekolah ini merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengurai arus kemacetan pada arus balik Lebaran 2022 khususnya yang berdomisili di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat, Kemendikbud Ristek, Anang Ristanto mengungkapkan bahwa koordinasi ini ditindaklanjuti dengan penambahan masa libur sekolah selama tiga hari yang artinya murid masuk ke sekolah kembali pada 12 Mei.

Anang juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov DKI, Jawa Barat, dan Banten terkait jadwal masuk sekolah yang mundur tiga hari dari penetapan awal.

Menindaklanjuti perintah dari Kemendikbud Ristek ini, pihak pemerintah provinsi diketahui juga sudah berkoordinasi dengan kabupaten/kota di wilayah masing-masing.

“Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya,” ujar Anang, Kamis (5/5/2022). Dilansir dari Kompas.com.

Seperti yang diketahui, pemerintah telah memprediksi bahwa puncak arus balik Lebaran 2022 terjadi pada tanggal 6,7 dan 8 Mei 2022. Presiden Joko Widodo juga turut menghimbau kepada masyarakat yang pulang kampung menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali lebih awal atau setelah puncak arus balik.

“Saya menghimbau, saya mengajak Bapak, Ibu, dan saudara-saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik, tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja,” kata Presiden Jokowi.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles