Daftar Elektabilitas Hasil Survei Pilpres 2024

ENSIPEDIA.ID, Jakarta – Tahun 2024, pesta demokrasi di Indonesia akan di selenggarakan kembali. Tentunya tanpa keikutsertaan Pak Jokowi yang sudah habis kesempatannya untuk duduk di kursi nomor 1 di Indonesia tersebut. Siapakah figur pada Bursa Pilpres 2024?

Figur Dengan Elektabilitas Tertinggi Bursa Calon Pilpres 2024

Berbicara tentang bursa bakal capres rasanya terlalu dini untuk saat ini. Namun, apa salahnya kita meraba-raba polaritas beberapa nama untuk memantau siapa petarung di 2024 nanti. Mari kita menjadi pengamat politik amatiran untuk sementara!

Beberapa lembaga survei telah merilis hasil surveinya tentang popularitas beberapa tokoh jika maju di pilpres 2024 nantinya. Diantaranya ada survei dari SMRC, Charta Politika Indonesia, dan Indikator Politik Indonesia (IPI).

Masing-masing dari lembaga tersebut memiliki metode dan waktu pengumpulan data yang berbeda. Sehingga margin error dan tingkat kepercayaannya berbeda-beda.

Terlepas dari aspek di atas, ada beberapa calon yang memiliki popularitas yang tinggi. Setidaknya kami merangkum 5 nama yang elektabilitasnya cukup tinggi untuk menjadi sosok petarung di pilpres 2024. Berikut daftarnya:

1. Prabowo Subianto

Siapa yang tidak mengenal Prabowo Subianto? Sang sosok legendaris yang telah bertarung beberapa kali di pilpres. Kancah terakhirnya sebagai lawan dari Jokowi di pilpres 2019 lalu. Saat ini Prabowo menjabat sebagai menteri pertahanan RI.

Berdasarkan hasil survei, Prabowo termasuk nama yang konsisten memuncaki survei. Pada survei SMRC, ia menempati posisi pertama dengan meraih 20% elektabilitas. Pada survei Charta Politika, ia kembali menempati elektabilitas tertinggi dengan raihan 19,6%. Berbeda dengan kedua survei di atas, hasil dari IPI menunjukkan persentase sebesar 9,5%.

2. Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta ini juga masuk dalam daftar politikus yang memiliki elektabilitas tinggi. Berdasarkan survei dari IPI di mana IPI lebih menyasar responden milenial, berhasil menempatkan Anies Baswedan pada urutan pertama dengan persentase 15,2%. Anies Baswedan menempati urutan kedua dengan persentase 11,2% berdasarkan SMRC danurutan ketiga dengan persentase 12,6% berdasarkan survei Charta Politika.

3. Ganjar Pranowo

Tokoh dari Jawa Tengah ini juga gencar diperbincangkan sebagai calon petarung pilpres 2024. Saat ini Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Berdasarkan hasil survei SMRC, beliau menempati urutan ketiga dengan elektabilitas 8,8%. Raihan posis kedua ditempati Ganjar pada survei hasil Charta Politika dengan persentase 16,0%. Menempati posisi sama dengan Charta Politika, hasil dari IPI juga menempatkan pada posisi kedua dengan persentase 13,7%.

4. Ridwan Kamil

Ridwan Kamil yang sering disapa dengan Kang Emil juga berhasil menempati 5 besar dengan elektabilitas tertinggi pada survei tokoh bakal calon presiden. Survei IPI menempatkan Kang Emil pada posis kelima dengan persentase 4,8%. Berdasarkan Charta Politika beliau menempati juga posisi kelima dengan persentase 8,1%. Berbeda dengan survei yang dipilih berdasarkan suara milenial, Kang Emil pada IPI menempati urutan ketiga dengan persentase 10,2%.

5. Sandiaga Uno

Pasangan dari Pak Prabowo pada pilpres 2019 lalu, Sandiaga Uno juga berhasil meraih elektabilitas yang cukup tinggi sebagai petarung di pilpres 2024. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini meraih elektabilitas 5%, 9,3%, dan 9,5% pada SMRC, Charta Politika, dan IPI secara berturut-turut.

Selain nama-nama di atas ada beberapa nama lagi yang dimasukkan dalam survei, diantaranya: AHY, Erick Tohir, Tri Rismaharini, Basuki T Purnama, Mahfud MD, Puan Maharani, Tito Karnavian, dan masih banyak lagi.

Walaupun masih hasil survei saja dan masih terlalu dini untuk melihat peta politik masing-masing partai politik. Namun, hal ini cukup seru untuk dibahas. Jadi, kalau pemilihan presiden dilaksanakan hari ini, siapakah tokoh yang Warga Ensiklopedia Bebas pilih?

Latest articles