Buron 20 Tahun, Mafia Italia Ini Tertangkap Karena Google Maps

ENSIPEDIA.ID, Jember – Aplikasi Google Maps yang terdapat fitur google street view kini sangatlah penting bagi mayoritas orang, terutama penggunaan kendaraan bermotor. Hal tersebut karena aplikasi ini memiliki fungsi untuk mencari jalan atau tempat tujuan.

Namun, manfaat dari kemajuan teknologi dalam hal ini adalah google maps sangatlah besar. Manfaatnya tidak hanya dapat dirasakan oleh pengemudi kendaraan bermotor saja melainkan juga aparat keamanan. Kasus terbaru datang dari Italia, pihak berwajib berhasil menangkap salah seorang mafia Italia yang sudah menjadi buronan selama 20 tahun.

Buronan tersebut bernama Gioacchino Gammino, anggota kelompok Stidda Mafia Sisilia. Ia divonis penjara seumur hidup akibat tindak pidana pembunuhan dan kejahatan terkait mafia lainnya pada 1998. Namun, pada tahun 2002, ia berhasil kabur dari penjara di Kota Roma.

Seperti dilansir dari BBC, Gammino berhasil dibekuk pada 17 Desember 2021 oleh pihak yang berwenang di Galapagar, dekat Madrid, Spanyol. Keberhasilan penangkapan ini tak lepas dari bantuan google street view yang menentukan lokasi tepat dari mafia yang paling dicari di Italia tersebut.

Keberadaan Gammino mampu dilacak setelah google street view menampilkan dua orang pria sedang berbincang di toko buah dan sayuran bernama El Huerto de Manu di Kota Galapagar. Polisi meyakini bahwa salah satu diantara dua orang tersebut adalah Gioacchino Gammino.

Gammino mampu dikenali dari bekas luka di sisi kiri dagunya. Meskipun sudah tertangkap pada 17 Desember lalu, rincian penangkapan ini terungkap setelah dilaporkan oleh media La Repubblica pada Rabu (5/1/2022).

Hal ini dikonfirmasi oleh oleh jaksa Palermo Francesco Lo Voi, pria yang memimpin penyelidikan terbaru.

“Kami tidak menghabiskan hari-hari kami menyisir Google Maps untuk menemukan buronan. Ada banyak penyelidikan yang sangat panjang sebelumnya, hingga membawa kami ke Spanyol,” kata Francesco, seperti dilansir dari The Guardian.

“Kami berada di jalur yang tepat dan dengan bantuan Google Maps yang membantu mengkonfirmasi penyelidikan kami,” sambungnya.

Usut punya usut, selama proses pelariannya, sang mafia Italia yang tertangkap akibat google maps ini merubah identitasnya menjadi Manuel dan bekerja sebagai seorang koki sekaligus pemilik toko buah dan sayuran.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles