BPS: Indeks Kebahagiaan Penduduk Pulau Jawa Tak Lebih Bahagia Dibandingkan Penduduk Maluku

ENSIPEDIA.ID, Jember – Badan Pusat Statistik telah merilis laporan terkait indeks kebahagiaan masyarakat Indonesia selama tahun 2021 pada hari Senin (27/12/21). Menariknya, tidak ada satupun dari provinsi di Pulau Jawa yang masuk 10 besar.

Adapun 5 besar provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi adalah sebagai berikut, Maluku Utara dengan nilai indeks 76,34, Kalimantan Utara 76,33, Maluku 76,28, Jambi 75,17 serta pada posisi ke-5 ditempati oleh Provinsi Sulawesi Utara sebesar 74,96.

Di sisi lain, terdapat 10 provinsi di Indonesia yang mengalami penurunan Indeks Kebahagiaan. Provinsi-provinsi tersebut adalah Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali, NTB, serta Kalimantan Timur

Hal ini tentu cukup menarik karena jika dilihat realitasnya di lapangan, orang-orang yang bertempat di provinsi dengan indeks kebahagian tertinggi dapat dikatakan masih belum mempunyai infrastruktur yang mumpuni, belum sejahtera secara ekonomi, serta kualitas pendidikan yang masih kurangnya layak

Berbeda dengan provinsi yang ada di Pulau Jawa, sebut saja DKI Jakarta yang notabenenya merupakan provinsi terbaik di Indonesia jika dilihat dari sisi ekonomi, fasilitas umum, maupun pendidikan. Namun, realitas tersebut tak membuat Jakarta menjadi provinsi dengan indeks kebahagian tertinggi, justru hanya mampu berada di posisi delapan terbawah.

bps-indeks-kebahagiaan-penduduk-pulau-jawa-tak-lebih-bahagia-dibandingkan-penduduk-maluku
Perbandingan indeks kebahagiaan pada tahun 2017 dan 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS)

Hal serupa juga dialami oleh “tetangga” Provinsi DKI Jakarta, yakni Jawa Barat. Provinsi yang kini berada di tangan Ridwan Kamil ini hanya mampu memperoleh nilai 70,23 atau berada di posisi 5 terbawah dari keseluruhan provinsi yang ada di Indonesia.

Provinsi Banten menjadi provinsi dengan indeks kebahagian terendah di Indonesia dengan nilai 68,08, selisih 1,66 dengan Provinsi Bengkulu dan 1,79 dengan Provinsi Papua. Adapun provinsi yang ada di Pulau Jawa dengan indeks kebahagian tertinggi diraih oleh Jawa Timur dengan nilai 72,08 atau berada di urutan ke-19.

Dalam publikasinya, BPS mengungkapkan bahwa tingkat kebahagiaan seseorang diukur dengan tiga dimensi, yakni kepuasan hidup, perasaan, dan makna hidup. Target sampel pengukuran indeks kebahagiaan ini sebesar 75.000 dengan level estimasi provinsi. Respon rate pada survei kali ini mencapai 99,5 persen atau 74,684 responden.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles