BPJS kini Menjadi Syarat Untuk Pembuatan SIM, Jual Beli Tanah Hingga Naik Haji

ENSIPEDIA.ID, Jember – Kini warga yang ingin membuat Surat Izin Mengemudi (SIM), melakukan jual beli tanah hingga ibadah haji atau umroh harus memiliki kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan sebagai salah satu syarat.

Hal itu tertera dalam Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2022 terkait Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Melalui instruksi tersebut, Presiden meminta kepada Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk menyempurnakan regulasi pembuatan SIM, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dengan menyertakan syarat kartu BPJS Kesehatan.

“Melakukan penyempurnaan regulasi untuk memastikan pemohon SIM, STNK, dan SKCK adalah Peserta aktif dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” tulis Inpres tersebut.

Selain itu, Presiden juga turut menginstruksikan kepada Kementrian Agama untuk menjadi BPJS kesehatan sebagai salah satu syarat bagi orang yang ingin pergi umroh maupun haji.

“Mensyaratkan calon jamaah Umrah dan jamaah Haji khusus merupakan peserta aktif dalam program JKN,” lanjutnya.

Menteri Agama juga diminta untuk memastikan agar para pelaku usaha dan pekerja pada penyelenggara perjalanan ibadah Umrah dan penyelenggara ibadah Haji khusus menjadi Peserta aktif dalam program JKN.

Hal tersebut juga berlaku bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik pada satuan pendidikan, baik formal maupun informal yang berada dalam lingkup Kementerian Agama.

Tidak hanya kepolisian dan Kemenag saja, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) pun juga diberi tugas yang sama, yakni menjadikan kartu BPJS kesehatan sebagai salah satu syarat untuk melakukan jual beli tanah per 1 Maret mendatang.

“Setiap permohonan pelayanan pendaftaran peralihan hak atas tanah atau Hak Milik atas Satuan Rumah Susun karena jual beli harus dilengkapi dengan fotokopi Kartu Peserta BPJS Kesehatan,” tulis surat tersebut.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles