ATM Indonesia Lebih Hebat dari ATM Amerika?

ENSIPEDIA.ID, Jember – Anjungan Tunai Mandiri (ATM) merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi melayani nasabah bank untuk melakukan pengambilan uang dan mengecek rekening tabungan tanpa dilayani oleh seorang teller.

Seiring dengan perkembangan zaman, di beberapa negara (termasuk Indonesia), ATM tidak hanya digunakan untuk melakukan pengambilan uang melainkan untuk membayar tagihan rutin (asuransi, pajak, PAM) ataupun melakukan transfer uang antar bank.

Kecanggihan ATM Indonesia tersebut dipuji oleh salah seorang warga Amerika Serikat yang bernama Joy Elizabeth dalam akun tiktoknya. Video yang berjudul ‘The Amazing Power of an Indonesian Bank Account & ATM’ tersebut memuji betapa multifungsinya ATM Indonesia.

Dia menyebutkan bahwa dengan ATM, dia bisa membayar air, tagihan listrik hingga internet. Dia juga menyukai tersedianya fitur pembayaran tiket pesawat di ATM. “You can even pay for a plane ticket at the ATM ,” jelas dia.

Baca juga: Gaungkan Kampanye #BuatSemua, Bank Neo Commerce Gelar Kompetisi Video Jingle dan Hadirkan Fitur Neo Angpao

Selain itu, Elizabeth juga memuji kemudahan dalam transaksi transfer antarbank yang bisa dilakukan via ATM. Hal tersebut cukup mengejutkan baginya karena di Amerika Serikat untuk melakukan transfer antarbank dapat mencapai 3 hari dan kurang dari 24 jam jika dari bank/lembaga yang sama. Ditambah lagi, bahwa transfer antarbank di Negeri Paman Sam tersebut tidak bisa dilakukan 24 jam (batas waktu berada di jam 3-5 sore.

“I absolutely love atms and mobile banking in this country,” ungkapnya.

Netizen Indonesia pun turut memberikan komentar setelah viralnya video tersebut. “Ku kira mesin ATM di Amerika sama kayak Indo, ternyata Indonesia jauh lebih canggih,” kata @cattleyaisk.

Netizen lainnya, @wahyuwesley mengatakan ribetnya bertransaksi di Negeri Paman Sam. “Di Amerika, transfer sesama bank aja harus via email dulu, ga kebayang ribetnya gimana,” ungkapnya.

Ada juga @hendriokferianto yang mengungkap “Woow ATM BRI nih. ATM BRI ada dimana-mana Kak, sampe ke desa-desa kecil juga ada, gampang ditemukan,” jelasnya.

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles