ASN Siap-Siap Kerja WFA alias Kerja dari Mana Saja

ENSIPEDIA.ID, Jember – Pemerintah baru-baru ini mewacanakan Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk dapat bekerja dari mana saja atau lebih dikenal dengan istilah WFA (Work From Anywhere).

Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Satya Pratama mengungkapkan bahwa tujuan penerapan WFA adalah agar ASN dapat bekerja secara fleksibel serta memanfaatkan teknologi, informasi, dan komunikasi yang sedemikian pesat ini.

“Tujuannya ialah meningkatkan kinerja dan kepuasan ASN dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada publik, tersedianya layanan publik yang optimal, dan meningkatkan efektifitas dan efisiensi birokrasi pemerintahan,” kata Setya, dilansir dari Kompas.

“Jadi wacananya ASN bisa ‘Work from Anywhere’, yang penting kinerja dan target tercapai,” imbuhnya.

Satya menjelaskan bahwa wacana ini dilatarbelakangi oleh praktik Work From Office (WFO) dan Work From Home (WFH) yang selama ini berjalan saat pandemi Covid-19. Menurutnya, praktik WFO dan WFH tersebut terbukti berjalan dengan baik dan lancar.

Namun, tidak semua ASN akan melakukan kerja secara WFA. Bagi ASN yang memiliki tugas dan fungsi yang bersinggungan langsung dengan publik dan membutuhkan kehadiran secara langsung, maka akan tetap bekerja di kantor atau WFO guna memastikan pelayanan berjalan dengan baik.

“Contohnya untuk ASN yang jadi tenaga medis, pemadam kebakaran, Satpol PP, awak kapal patroli Bakamla, dan pengawas perikanan KKP, Traffic Warden, Polisi Hutan, petugas pemasyarakatan Kumham kan harus hadir atau WFO,” terang Satya.

Setya mengungkapkan bahwa untuk menjamin kehadiran saat WFA, maka ASN akan dipantau dengan menggunakan aplikasi Location Based Presence. Aplikasi ini telah dikembangkan oleh beberapa kementerian atau lembaga dan instansi ketika pandemi.

 

Ubay Muzemmil
Gak tau mau ditulis apa

Latest articles