Asian Games 2022 Hangzhou Ditunda, Covid-19 Jadi Alasan?

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Asian games masih menjadi ajang perlombaan olahraga yang dinanti-nantikan oleh banyak orang. Setelah Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 4 tahun lalu, kini saatnya China unjuk diri untuk menjadi penyelenggara Asian Games 2022.

Rencananya, perlombaan tersebut akan diadakan di Kota Hangzhou. Namun, ada kabar tak mengenakkan yang datang baru-baru ini.

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengumumkan berita penundaan Asian Games 2022 Hangzhou. Kabar tersebut ia peroleh ketika melakukan konfirmasi pada Dewan Olimpiade Asia (OCA).

“Terkait penundaan Asian Games, saya sudah konfirmasi langsung dengan OCA, mereka membenarkan Asian Games edisi ke-19 yang dijadwalkan berlangsung 10-25 September 2022 ditunda,” ujar Okto, Jumat (6/5/2022).

Terkait alasan, panitia belum membeberkan pernyataan resmi mengapa Asian Games 2022 ditunda. Namun, jika dilihat dari perkembangan Covid-19 di China, masih terdapat lonjakan kasus harian dari varian omicron yang belum mereda dalam satu bulan terakhir.

Kota Hangzhou, yang menjadi lokasi utama diselenggarakannya Asian Games 2022 berdekatan dengan Kota Shanghai Ibukota China yang saat ini menjadi pusat penularan virus Covid-19. Penduduk di kota tersebut juga sedang menjalani karantina daerah secara ketat selama sebulan penuh.

Raja Sapta Oktohari selaku Ketua Komite Olimpiade (NOC) Indonesia mengaku penundaan ini merugikan kontingen Indonesia. Pasalnya, Indonesia sudah melakukan persiapan sejak jauh hari dan kini Asian Games 2022 ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

“Kami menyayangkan ini semua terjadi, karena persiapan menuju Asian Games sudah dipersiapkan atlet-atlet kita di semua cabang olahraga dengan biaya yang tidak sedikit,” kata Okto.

Meskipun begitu, ia tetap menghargai keputusan OCA dan panitia penyelenggara Asian Games 2022.

“Dan penundaan ini pasti berdampak terhadap pembinaan prestasi, terutama biaya. Kita menghargai keputusan OCA dan panitia Asian Games China,” sambung Okto.

Baginya, keselamatan para atlet dan semua tim harus menjadi prioritas dalam masa pandemi ini.

“Tentunya yang paling utama adalah keselamatan atlet dan ofisial kita. Jadi ini situasi yang tidak mudah, tetapi mudah-mudahan Covid ini bisa segera selesai sehingga semua aktivitas bisa seperti semula,” kata Okto.

 

 

 

 

 

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai alam dan dunia secara fisik, flora fauna serta astronomi.

Latest articles