Anggaran Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Membengkak dari Rp85 T menjadi Rp113 T, Kok Bisa?

ENSIPEDIA.ID, KENDAL – Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi salah satu proyek besar yang digarap oleh PT KCIC (Kereta Cepat Indonesia Cina). Proyek ini membutuhkan waktu dan anggaran yang tak sedikit jumlahnya.

Mengenal Apa Itu Kereta Cepat 

Pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi salah satu Mega Proyek tahun ini | Kompasiana.com

Kereta kecepatan tinggi adalah salah satu transportasi darat dengan menggunakan rel yang mampu menembus kecepatan di atas 200-300km/jam. Adapun rekor dunia untuk kecepatan kereta ini dipecahkan oleh kereta TGV milik Prancis yang mencapai kecepatan 574,8 km/jam, dan kereta Maglev milik Jepang yang mencapai kecepatan 581 km/jam.

Dirut PT Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Chandra Dwiputra menerangkan, kereta cepat Jakarta-Bandung dapat melaju dengan kecepatan hingga 420 km/jam. Hal ini karena kereta cepat tersebut menggunakan teknologi kereta generasi baru CR400AF, hasil dari pengembangan tipe CRH380A buatan Cina.

Anggaran Membengkak, Apa Alasannya?

Presiden Jokowi melakukan kunjungan di mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung| pikiranrakyat.com

Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung gagal memenuhi target awalnya yang direncanakan selesai pada 2019 dan kini ditargetkan akan rampung pada 2022.

Mega proyek ini juga mengalami pembengkakan anggaran yang semula membutuhkan Rp85 triliun kini menjadi Rp113 triliun.

Salah satu penyebabnya adalah adanya masalah teknis konstruksi seperti gangguan faktor geologi dan clayshale yang sempat terjadi di Tunnel 2 yang mempengaruhi waktu dan proses pengerjaan.

Selain itu, masalah yang kedua adalah banyaknya pekerja yang terinfeksi covid-19. Tentunya hal ini menambah beban biaya untuk perawatan pekerja sampai mereka pulih kembali. Selain itu, penolakan warga atas pembukaan lahan juga menjadi salah satu problematik yang harus diselesaikan.

 

 

 

Hilmi Harsaputra
Menyukai bidang sosial-hukum, sosial-budaya, geografi, dan astronomi.

Latest articles