Anak Muda Malaysia Lebih Fasih Bahasa Indonesia, Netizen Malaysia Dilanda Kekhawatiran

ENSIPEDIA.ID Pemerintah Malaysia mengusulkan bahasa Melayu sebagai bahasa yang diakui oleh ASEAN. Namun, para netizen di Negeri Jiran tersebut malah ramai dengan topik pemuda Malaysia yang lebih fasih berbahasa Indonesia ketimbang bahasa Melayu versi Malaysia. Hal ini cukup membuat orang tua di Malaysia ketar-ketir.

Kekhawatiran tersebut dituangkan oleh warganet Malaysia melalui sosial media Twitter. Dalam sebuah tranding topic, warganet mencuitkan berbagai pendapat mereka terkait bahasa dan budaya Indonesia.

Hal ini dimulai dengan cuitan akun Twitter dengan akun @Hanif_af

“Fakta menariknya adalah, kini lebih banyak anak muda di Malaysia yang menggunakan bahasa Indonesia daripada pemuda Indonesia pakai bahasa Melayu (Versi Malaysia. Sampai orang tua di sana ketar-ketir pun,” cuit Hanif dikutip melalui Liputan6.

Cuitan tersebut alhasil ditanggapi oleh netizen Malaysia dengan berbagai tanggapan. Tak sedikit komentar yang membenarkan fakta menarik tersebut. Mereka menyadari bahwa bahasa Indonesia di Malaysia sudah merasuk ke dalam pola bahasa anak muda Malaysia.

Berdasarkan komentar-komentar tersebut, ada dua alasan mengapa anak muda Malaysia sanga fasih berbahasa Indonesia.

Pertama, dampak dari perkembangan teknologi informasi berupa media sosial, seperti Faceboo atau Youtube. Anak-anak Malaysia sering menonton konten yang berasal dari Indonesia sehingga mereka juga biasa menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kedua, pengaruh sinetron Indonesia. Sejak dahulu, sinetron Indonesia juga menjadi serial TV favorit di Malaysia, sehingga secara tidak langsung, hal tersebut juga mempengaruhi bahasa anak muda di sana. Hal ini sama berpengaruhnya dengan serial Upin & Ipin pada anak-anak Indonesia.

Tak hanya bahasa, pengaruh Indonesia juga meluas pada aspek kehidupan kenegaraan di sana. Salah satu komentar di Facebook oleh akun Daniel Isaac sedikit memberikan camdaan terkait Presiden Joko Widodo yang dikenal di Malaysia.

“Tolong info anak2 kamu ya guys. Perdana Menteri Malaysia masih Ismail Sabri. Bukan Joko Widodo,” tulisnya di Facebook.

Latest articles